OPERASI SAR TERHADAP 1 (SATU) PERAHU NELAYAN TENGGELAM DI PERAIRAN LAUT PARIT LINTANG SUNGAI JAMBAT KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR


Kantor SAR Jambi, Jumat pada TW 0112 1910 G Terima info dari Bapak Iwan (warga masyarakat) bahwa telah terjadi 1 (satu) perahu nelayan tenggelam di perairan Laut Parit Sungai Jambat Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi pada tanggal 12 Januari pukul 05.30 WIB. Kronologis 1 (satu) Perahu Nelayan terdiri 4 (empat) orang diantaranya Jasimin, Salepo, Ridwan dan Mr. X pergi kelaut lepas dalam cuaca hujan dan ombak yang tinggi, Bapak Iwan (warga masyarakat) yang saat itu mengetahui kabar tersebut langsung melaporkan kepada Kantor SAR Jambi.

Untitled.jpg

Setelah informasi diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi menurunkan Rescue dan anggota Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi dan KN 414 Jambi langsung menuju ketitik lokasi musibah. Sesampai disana tim langsung berkoordinasi dengan tim BPBD, tim Polri , Tim TNI dan warga untuk menetukan titik pencarian pada pukul 23.30 Wib. Operasi pencarian akan dilaksanakan pada esok hari.

Tim rescue Kantor SAR Jambi bersama tim Gabungan pada TW 0113 0830 G, melakukan pencarian dan berusaha mencapai search area tapi terkendala gelombang tinggi serta cuaca yang buruk, serta penyisiran di pinggiran laut. Tim Rescue menghentikan sementara pencarian setelah mencoba memasuki search area serta melakukan penyisiran di pinggiran laut, dan operasi pencarian akan dilanjutkan pada esok hari.

Tim rescue Kantor SAR Jambi bersama tim Gabungan kembali melakukan pencarian pada TW 0114 0700 G dengan fokus penyisiran sesuai renops search area, dengan menggunakan KN SAR 414, Rubber Boat dan perahu masyarakat dengan Luas area 50 Nm². Pada Pukul 10.00 Wib Tim rescue Kantor SAR jambi menerima info bahwa 1 (satu) orang nelayan a.n. Ridwan (45 Tahun) ditemukan selamat oleh nelayan yang sedang melaut sekitar 22Nm dan radial 161° dari LKP, dan korban langsung diserahkan kepada Tim SAR di Sungai Itik dan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga korban. Pada pukul 17.15 Tim Rescue menghentikan sementara pencarian setelah memasuki search area serta melakukan penyisiran di pinggiran laut, dan operasi pencarian akan dilanjutkan pada esok hari.

Tim rescue Kantor SAR Jambi bersama tim Gabungan kembali melakukan pencarian pada TW 0115 0700 G dengan fokus penyisiran sesuai renops search area, dengan menggunakan KN SAR 414, Rubber Boat dan perahu masyarakat dengan Luas area 76 Nm². pada pukul 17.00 Wib Tim Rescue menghentikan sementara pencarian setelah mencoba memasuki search area serta melakukan penyisiran di pinggiran laut, dan operasi pencarian akan dilanjutkan pada esok hari.

Tim rescue Kantor SAR Jambi bersama tim Gabungan kembali melakukan pencarian pada TW 0116 0700 G dengan fokus penyisiran sesuai renops search area, dengan menggunakan KN SAR 414, Rubber Boat dan perahu masyarakat dengan Luas area 72 Nm². Pada pukul 17.00 Wib Tim Rescue menghentikan sementara pencarian setelah mencoba memasuki search area serta melakukan penyisiran di pinggiran laut, dan operasi pencarian akan dilanjutkan pada esok hari.

Untitled2.jpg

Tim rescue Kantor SAR Jambi bersama tim Gabungan kembali melakukan pencarian pada TW 0117 0700 G dengan fokus penyisiran sesuai renops search area, dengan menggunakan KN SAR 414, Rubber Boat dan perahu masyarakat dengan Luas area 105 Nm². Pada pukul 17.00 Wib Tim Rescue menghentikan sementara pencarian setelah mencoba memasuki search area serta melakukan penyisiran di pinggiran laut, dan operasi pencarian akan dilanjutkan pada esok hari.

Untitled1.jpg

Tim rescue Kantor SAR Jambi bersama tim Gabungan kembali melakukan pencarian pada TW 0118 0700 G dengan fokus penyisiran sesuai renops search area, dengan menggunakan KN SAR 414, Rubber Boat dan perahu masyarakat dengan Luas area 105 Nm². Pada pukul 15.00 Wib Berdasarkan kesepakatan unsur-unsur yang terlibat dengan pihak kerluarga serta tidak terdapatnya tanda-tanda keberadaan korban maka operasi SAR dinyatakan ditutup. Pada Pukul 16.00 Wib, KN SAR kembali dari Nipah Panjang menuju Jambi.



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : jambiadmin
18 January 16:10 WIB