Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi Evakuasi Pendaki Gunung Kerinci


JAMBI - Seorang mahasiswa yang mendaki Gunung Kerinci dalam rangka HUT ke - 74 RI dievakuasi oleh tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi serta unsur gabungan lainnya, Selasa (19/8) pagi. Mahasiswa yang diketahui bernama Iglasias Sinaga (26) tidak sadarkan diri diduga akibat kelelahan fisik dan dehidrasi.
 
Komandan tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi Mujahid menjelaskan pihaknya menerima laporan adanya seorang pendaki yang alami kelelahan pada Senin (19/8) pagi dan langsung mengaksi hal tersebut dengan bergerak menuju lokasi. "Kebetulan tim kami sedang siaga khusus Gunung Kerinci dalam rangka HUT Ke - 74 RI di Pusat Informasi R 10. Setelah koordinasi dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) pukul 07.00 WIB tim langsung bergerak menuju lokasi dengan waktu tempuh sekitar 7 jam", jelas Mujahid.
 
Mujahid menambahkan saat ditemukan tim Rescue, korban sudah tidak sadarkan diri dan nadinya pun sudah tidak teraba lagi. Namun demikian tim Rescue tidak dapat memutuskan kondisi korban dan tetap menunggu kedatangan tim medis. "Selanjutnya pukul 14.00 WIB tim Rescue mulai mengevakuasi korban dengan menggunakan tandu darurat dan Selasa (20/8) siang tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan bersama unsur lainnya berhasil mengevakuasi korban sampai ke kaki gunung untuk diserahkan ke pihak Puskesmas guna perawatan lebih lanjut", tegas Mujahid. Kondisi medan yang sangat terjal serta cuaca yang kurang bersahabat membuat tim agak kesulitan dan harus sangat hati-hati saat mengevakuasi korban. (Nv)
 
 
 
 
 
(hms-jbi).



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Recylia
20 August 17:00 WIB